Jangan asal memilih kursi kantor, simak tipsnya!

  1. Kursi yang anda pilih harus mengikuti aturan ergomoni atau struktur tubuh anda. Pastikan kursi kantor yang Anda gunakan sudah sesuai aturan ergonomis tubuh agar meminimalisir tingkat kelelahan dan ketegangan otot panggul Anda. Kalau Anda sudah merasa nyaman dan tidak merasa pegal-pegal, maka kerjaan akan berjalan dengan lancar.
  2. Harus memiliki tumpuan kepala. Kegiatan di kantor yang mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama sering membuat kepala dan daerah sekitar leher terasa pegal, sehingga penting sekali untuk memilih kursi yang memiliki tumpuan kepala untuk mengistirahatkan otot-otot sekitar leher dan kepala agar tidak lelah.
  3. Terdapat Armrest / Sandaran lengan. Hal ini baik untuk merelaksasi ketegangan otot-otot lengan Anda. Otot-otot lengan Anda tidak bisa dipaksa berjam-jam tanpa istirahat. Berikan waktu untuk otot lengan waktu beristirahat tanpa melakukan aktifitas dan sandarkan di tempat sandaran lengan yang ada di kursi kantor.
  4. Pilih Kursi yang dapat disesuaikan dengan meja kantor atau kebetuhan kita. Misalnya kita ingin bekerja dengan posisi tegak untuk mengerjakan pekerjaan yang butuh konsentrasi yang tinggi, maka posisi kursi bisa disesuaikan agar bagian dada kita sejajar dengan meja, apabila ingin bekerja lebih santai posisi tempat duduk dapat diposisikan agar dada kita lebih rendah dari meja.
  5. Carilah bantalan kursi yang tebal, empuk dan nyaman, karena durasi kerja di kursi bisa sampai berjam-jam, maka hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar anda juga betah berlama-lama di kursi sembari menyelesaikan pekerjaan anda.
  6. Pastikan setiap detail estetika kursi kerja anda, sesuaikan dengan ukuran dan desain ruangan kerja anda, serta sesuai dengan kepribadian anda.

Itulah tadi beberapa tips memilih kursi kerja, baik dikantor maupun di ruang pribadi anda dirumah, semoga bermanfaat. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *